Jumat, 14 Desember 2012

PENGARUH APLIKASI KOMPUTER TERHADAP KEBUTUHAN PRIMER MANUSIA


PENGARUH APLIKASI KOMPUTER
TERHADAP KEBUTUHAN PRIMER MANUSIA

      A.    KEBUTUHAN

Kebutuhan adalah salah satu aspek psikologis yang menggerakkan mahluk hidup dalam aktivitas-aktivitasnya dan menjadi dasar (alasan) berusaha. Pada dasarnya, manusia bekerja mempunyai tujuan tertentu, yaitu memenuhi kebutuhan. Kebutuhan tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari. selama hidup manusia membutuhkan bermacam-macam kebutuhan, seperti makanan, pakaian, perumahan, pendidikan, dan kesehatan. Kebutuhan dipengaruhi oleh kebudayaan, lingkungan, waktu, dan agama. Semakin tinggi tingkat kebudayaan suatu masyarakat, semakin tinggi / banyak pula macam kebutuhan yang harus dipenuhi.
Manusia hidup di dunia ini mempunyai banyak kebutuhan yang harus mereka penuhi, terutama kebutuhan pokok atau kebutuhan yang benar benar harus terpenuhi. Kebutuhan pokok mencakup sandang, pangan, dan papan. Semakin hari zaman semakin maju, kemajuan IPTEK sangat pesat. Sudah lama hadir alat yang dapat mempermudah manusia melakukan kegiatan, alat itu bernama Komputer.


         B.    PERKEMBANGAN KOMPUTER

Komputer telah berkembang selama lebih dari 5 dekade. Era komputer dimulai pada tahun 1950-an dan mulai mengalami perkembangan berarti pada era 1960-1970 an. Pada saat itu komputer cukup memberikan dampak signifikan terutama pada industri perbankan, asuransi,dan manufaktur terutama dari segi efisiensi operasional. Pada tahun 1970- telah muncul mini komputer (namun uskurannya tetap besar) dan diikuti oleh perkembangan sistem jaringan yang memudahkan satu komputer terkoneksi dengan komputer lainnya.Pada tahun 1981, IBM melakukan terobosan dengan mengeluarkan produk Personal Komputer . Komputer kembali mengalami perkembangan setelah internet mulai sering digunakan di industri.
Sekarang komputer sedang mengalami perkembangan dimana perangkat ini dapat menyamai kemampuan manusia dalam berpikir. Sebagaimana yang kita ketahui, kegiatan berpikir ini hanya dapat dilakukan dengan sangat baik oleh manusia. Secara keilmuan, kegiatan ini tidak dapat dijelaskan oleh para ahli pada masa ini. Kita, sebagai manusia memiliki kemampuan untuk melihat pola dari suatu kejadian, menarik kesimpulan, dan mencari solusi dari permasalahan yang pernah atau baru dihadapi.


         C.    PENGARUH APLIKASI KOMPUTER PADA KEBUTUHAN PRIMER

Sudah kita ketahui bahwa komputer  saat ini memiliki banyak sekali aplikasi yang bermanfaat dan bisa kita pergunakan. Aplikasi komputer  bisa kita dapat kan melalui download atau membeli CD softwarenya. Berikut adalah pengaruh aplikasi komputer  bagi kebutuhan primer manusia :
1.      BIDANG SANDANG
Sandang adalah pakaian yang diperlukan oleh manusia sebagai mahluk berbudaya Pada awalnya manusia memanfaatkan pakaian dari kulit kayu dan hewan yang tersedia di alam. Kemudian manusia mengembangkan teknologi pemintal kapas menjadi benang untuk ditenun menjadi bahan pakaian. 
Pada zaman ini, pakaian juga berfungsi sebagai fashion, dan computer mempunyai aplikasi untuk mendesain baju sendiri sesuai kemauan dan keinginan pengguna contohnya aplikasi Dekstop T Shirt Creator, di aplikasi ini kita dapat berkarya, berkreasi, untuk membuat T Shirt yang sesuai oleh keinginan kita.

2.      BIDANG PANGAN
Pangan adalah kebutuhan yang paling utama bagi manusia. Pangan dibutuhkan manusia secara kuantitatif maupun secara kualitatif. Zaman semakin maju, macam macam makanan telah banyak yang baru. computer menyediakan aplikasi untuk membuat resep makanan, aplikasi tersebut bernama aplikasi ChikenPing. ChikenPing merupakan sebuah Aplikasi untuk membuat resep makanan, lebih tepatnya memenejemen. Dengan Aplikasi ini Anda dapat membuat sebuah resep makanan menjadi lebih pas dalam penyajiannya, tentunya Anda akan bisa mengira-ngira agar tidak berlebihan dalam membuat masakan dengan resep yang belum pernah dibuat sebelumnya.
Lain lagi dengan yang satu ini, system komputasi yang bernama AR System. AR system adalah system yang menampilkan ukuran makanan yang bisa disesuaikan dengan selera. Alat ini dibuat berdasarkan beberapa penelitian tentang obesitas, bahwa jumlah makanan ternyata berubah saat ukuran makanan juga berubah.

3.      BIDANG PAPAN
Papan adalah kebutuhan manusia untuk membuat tempat tinggal. Pada awalnya fungsi rumah hanya untuk bertahan diri. Namun lama kelamaan berubah menjadi tempat tinggal keluarga. Karena itu kebutuhan akan memperindah rumah semakin ditingkatkan. Untuk itu computer memiliki aplikasi untuk membuat desain rumah, aplikasi ini memungkinkan kita untuk mendesain rumah idaman kita sendiri, contoh aplikasinya adalah :

a.     PlainningWiz

Dengan menggunakan aplikasi web dari PlainningWiz, anda bisa membuat denah rumah atau maket rumah dengan mudah. PlainningWiz juga menyediakan fitur furnitur yang bisa anda gunakan untuk menambah kesan desain rumah atau maket yang anda buat.
b.     ExhibitCore

Aplikasi web ExhibitCore ini sangatlah keren, anda bisa membuat model rumah minimalis berbentu 2D atau 3D. Selain membentuk model rumah anda bisa juga membuat denah taman, denah kantor, dan masih banya lagi. ExhibitCore juga dilengkapi fitur furnitur yang bisa anda pilih sesuka anda, dan yang pasti furniturnya ada yang berbentuk 2D dan 3D. Hanya dengan drag and drop anda sudah bisa mendesain rumah impian anda.
c.     Autodesk Homestyler

Autodesk Homestyler adalah aplikasi web yang dirancang untuk membuat desain rumah secara 2D dan 3D. Autodesk Homestyler mempunyai fitur mendesain rumah diantaranya pembangunan rumah, furniturnya, pendekorannya, dan juga lingkungan rumahnya.

D.   DAFTAR PUSTAKA




http://www.pusatgratis.com/layanan-online/3-aplikasi-untuk-membuat-desain-rumah-minimalis-dengan-mudah.html





Tidak ada komentar:

Posting Komentar