Rabu, 04 Juni 2014

UTS kewirausahaan 2

Soal UTS Kewirausahaan
Nama Kelompok :
Amanda Dewi P (40212691 )
Anggani Narita W (40212898 )
Citra Widiyanti (41212633 )
Desi Nur Elista (41212890 )
Putri ( 45212751 )
Soal :
1.       Jelaskan Definisi kewirausahaan menurut ahli ekonomi , ahli manajemen , dan menurut pelaku usaha !
2.       Sebutkan factor – factor penyebab keberhasilan wirausaha !
3.       Sebutkan ciri dan watak yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan !
4.       Sebutkan tahap-tahap melakukan wirausaha !
5.       Sebutkan kompetensi yang harus dimiliki wirausahawan !
6.       Sebutkan 8 anak tangga menuju puncak karir menurut Alma !
7.       Sebutkan 4 kegiatan marketing plan !
8.       Jelaskan yang dimaksud dengan AIDA + S !
Jawab:
1.       Menurut Ahli Ekonomi
Wirausaha adalah orang yang mengkombinasikan factor-faktor produksi seperti sumber daya alam,tenaga kerja,material,dan peralatan lainnya untuk meningkatkan nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Menurut Ahli Manajemen
Wirausaha adalah seorang yang memiliki kemampuan dalam menggunakan dan mengkombinasikan sumber daya seperti keuangan,material,tenaga kerja,keteramilan untuk menghasilkan produk,proses produksi,bisnis dan organisasi usaha baru.

Menurut Pelaku Usaha
Wirausaha adalah orang yang menciptakan suatu bisnis baru dalam menghadapi resiko dan ketidak pastian dengan maksud untuk memperoleh keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengenali peluang dan mengkombinasikan sumber-sumber daya yang diperlukan untuk memanfaatkan peluang tersebut.

2.       - Work Hard ( kerja keras )
- work smart (kerja cerdas )
-enthusiasm ( kegairahan )
-service ( pelayanan )


3.       Ciri-ciri
a.       Percaya diri
b.      Berorientasikan tugas dan hasil
c.       Berani mengambil resiko
d.      Kepemimpinan
e.      Keorisinilan
f.        Berorientasi ke masa depan
g.       Jujur dan tekun
Watak
·         Memiliki sifat Keyakinan,kemandirian,individualitas,optimism
·         Memiliki kemampuan mengambil resiko dan suka pada tantangan
·         Memiliki persepsi dan cara pandang yang berorientasi pada masa depan
·         Memiliki keyakinan bahwa hidup itu sama dengan kerja keras


4.       1.  Tahap memulai
Tahap dimana seseorang yang berniat untuk melakukan usaha mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan,diawali dengan melihat peluang usaha baru yang munngkin apakah membuka usaha baru,melakukan akuisisi,atau melakukaan “ franchising”.Tahap ini juga memilih jenis usaha yang akan dilakukan apakah di bidang pertanian,industry,atau jasa

2.       Tahap melaksanakan usaha
Dalam tahap ini seorang wirausahawan mengelola berbagai aspek yang terkait dengan usahanya,mencakup aspek-aspek :pembiayaan,SDM,kepemilikan,organisasi,kepemimpinan yang meliputi bagaimana mengambil risiko dan mengambil keputusan ,pemasaran,dan melakukan evaluasi.

3.       Tahap Mempertahankan Usaha
Tahap dimana wirausahawan berdasarkan hasil yang telah dicapai melakukan analisi perkembangan yang dicapai untuk ditindak lanjuti sesuai dengan kondisi yang dihadapi.

4.       Tahap Mengembangkan Usaha
Tahap dimana jika hasil yang diperoleh tergolong positif atau mengalami perkembangan atau dapat bertahan maka perluasan usaha menjadi salah satu pilihan yang mugkin diambil.
5.       Wirausahawan harus memiliki pengetahuan dan keterampilan
Pengetahuan antara lain :
-          Technical competence
-          Marketing Competence
-          Financial Competence
-          Human Relation Competence
Keterampilan antara lain :
a.        Keterampilan konseptual dalam mengatur strategi dan memperhitungkan resiko
b.      Keterampilan kreatif dalam menciptakan nilai tambah
c.       Keterampilan dalam memimpin dan mengelola
d.      Keterampilan berkomunikasi dan berinteraksi
e.      Keterampilan tehnik dalam bidang usaha yang dilakukan

6.     1.  Kerja keras
2. kerja sama dengan orang lain
3. Penampilan yang baik
4.Yakin
5.Pandai membuat keputusan
6.Mau menambah ilmu pengetahuan
7. Ambisi untuk maju
8. Pandai berkomunikasi

7.     -      Analisa situasi lingkungan dan peluang pasar
-          Mengembangkan sasaran pemasaran
-          Menetapkan strategi pemasaran
-          Menciptakan taktik atau tindakan

8.  Konsep AIDA + S dapat diartikan sebagai berikut :
A = Attention ( Perhatian )
I  = Interest ( Tertarik )
D=Desire ( Keinginan )
A= Action ( Tindakan )
S= Satisfaction ( Kepuasan )
Konsep ini berlaku bagi usaha yang kegiatannya menarik hati konsumen.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar